Interaction Design (IXD)



Interaction Design merupakan cara bagaimana sesorang dapat menyusun design secara sistematis dari aliran tugas dan dapat dimengerti tujuan dari pembuatan design tersebut. “Interaction Design mendefinisikan struktur dan tingkah laku dari sistem yang interaktif. Seorang Interaction Designer berusaha untuk menciptakan hubungan yang memiliki makna antara orang dengan produk dan layanan yang mereka gunakan dari komputer ke perangkat mobile dan perangkat lain yang melampauinya.” -The Interaction Design Association (IxDA)

Interface Design merupakan tampilan design seperti pemilihan warna, jenis font, size dan opsional lainya yang mendukung tampilan design itu termasuk interface design.

Sound Design merupakan proses merancang suara baik itu memanipulasi, convert dan lainya yang bertujuan untuk menjadikan suara sebagai seni yang digunakan dalam pertunjukan seperti : film, teater, pengiring lagu dll, dengan adanya sound design maka audiens dapat merasakan aura yang intens dalam setiap pertunjukan yang dipertontonkan.

Design Simulation adalah rancangan simulasi yang digunakan oleh produsen atau perusahaan untuk menguji layak atau tidaknya design yang dirancanag oleh engineer, sehingga jika projek tersebut sudah diuji kelayakannya maka pihak produsen dapat mengolah menjadikan design tersebut sebagai produk jadi.

Usability Engineering adalah teknik analisis interface yang digunakan oleh user sebagai pengguna dari projek yang kita buat, biasanya teknik ini sangat bermanfaat untuk analis dan system environment.  

Scenario Design merupakan gambaran secara narasi untuk dapat dimengeri oleh pihak analis dan system environment sebagai developer juga dapat dipahami secara sistematis oleh user sebagai pengguna.

Invention Design adalah sebuah ide design yang dibuat oleh konseptor design supaya designnya mempunyai nilai kreatif, inovatif dan unik dari produk lain sehingga dengan adanya invention design pada sebuah produk akan menjadikan produk tersebut berinovasi secara kontinuitas.

Navigation Design adalah model navigasi yang dirancang dalam pembuatan projek sehinga projek yang dibuat dapat memberikan rasa nyaman bagi para pengguna, model navigasi yang dipilih seharusnya mempunyai keunikan dan representatif.

Design Control merupakan metodologi untuk mengatur sejauh mana perkembangan design produk tersebut dikontrol agar dapat memaksimalkan target produsen dalam menentukan design.

Application Design merupakan rancangan penerapan design yang telah dibuat kedalam projek jadi sehingga semua unsur dari mulai designer, programmer, dan analis harus bisa mensimulasikan produk tersebut sebelum dipasarkan kepada pengguna.

Interactive environment adalah istilah yang luas digunakan untuk mengkategorikan bentuk media berbasis komputer yang menginstruksikan, mengkomunikasikan, dan menghibur sebagai hasil dari action pengguna. Interactive Environment dapat berbentuk website dengan embedded-video, animasi, dan simulasi atau dapat digunakan untuk mendefinisikan antarmuka pelatihan dengan mekanisme media interaktif yang dioperasikan dan dikendalikan oleh pengguna. Interactive Environment juga merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah 2D atau representasi 3D virtual dari ruang atau objek yang dapat dieksplorasi, dianalisis, dan dimanipulasi melalui penggunaan kontrol kustom diprogram.

Ubiquitous Computing (UbiComp) adalah konsep dalam rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan dimana saja. Berbeda dengan komputer desktop, Ubicomp dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat apapun, di setiap lokasi, dan dalam format apapun. Seorang pengguna berinteraksi dengan komputer, yang bisa dalam berbagai bentuk, termasuk komputer laptop, tablet dan terminal di benda-benda sehari-hari seperti kulkas atau sepasang kacamata.
Teknologi yang mendasari untuk mendukung ubicomp termasuk ; Internet, middleware canggih, sistem operasi, kode ponsel, sensor, mikroprosesor, I/O dan antarmuka pengguna baru, jaringan, protokol mobile, lokasi dan posisi dan material-material baru.

Installation Media merupakan penerapan secara pheriferal atau perangkat pada media yang digunakan sehingga sangatlah menarik dan membuka peluang baru mulai dari game, virtual reality, web, media mobile dan lain sebagainya.

sumber :
http://www.givegoodux.com/pick-my-brain-009-interaction-design-vs-interface-design/
wikipedia
http://www.plm.automation.siemens.com/en_us/plm/design-simulation.shtml
http://infodesign.com.au/usabilityresources/scenarios/
http://www.open.edu/openlearn/science-maths-technology/engineering-and-technology/design-and-innovation/invention-and-innovation-introduction/content-section-5.2
http://www.victoria.ac.nz/fad/study/subjects/mddn
http://www.givegoodux.com/pick-brain-010-navigation-design-vs-interaction-design/
http://www.zeroonezero.com/glossary/interactive-environment.html
http://www.csc.com/nordic/ds/96097/108225-application_design_analysis
http://www.doit.state.nm.us/service_catalog/swdevel.html
http://www.doit.state.nm.us/service_catalog/swdevel.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Makna Logo PUMA dan NIKE

Game Angry Birds

Konfigurasi DNS (Domain Name Server) pada Linux Ubuntu 16.04 LTS menggunakan Virtual Box