Cloning Harddisk


Hai, guys kita sering pusing klo PC or laptop yg kita pakai tiba2 eror,atau terkena virus, lemot dll. Apalagi data2nya tuch yang penting semua misal : buat makalah, skripsi, dsb (dan saya bingung)he,he sorry I’m just kidding. Solusinya tidak ada jalan lagi kecuali di install ulang. Nach yang jadi masalahnya nginstall SO tuch khan lama sekitar 45 menit/PC tuch jga klo lancar, klo macet bisa sampai se-jam lho”kaya jalan raya aja yach macet” biasa analogika.., he,he.. belum nginstall aplikasi2 seperti : ms.office, corel draw, adobe dll. Butuh waktu lama tuch klo aplikasinya banyak banget, apalagi klo PC-nya tuch banyak sampai 10 PC butuh waktu sehari semalam tuk nginstall kedua2nya, bisa2 mabuk nginstall nich gue.., he,he.. Wach gmna yach supaya nginstall SO+aplikasi bisa terintegrasi dengan mudah and relative cepat.

Cloning harddisk nich solusinya…,!!!

* Apa sih cloning harddisk tuch???

Cloning harddisk adalah proses meng-copy data2 harddisk secara besar2an mencangkup SO+aplikasinya dari harddisk satu ke harddisk lain. And perlu dicatat waktu yang dibutuhkan relative cepat lho…!!! Sekitar 1/2 jam per-PC jadi gx terlalu lama khan…,!!!

* Perifheral apa saja yang diperlukan ???

Perifheral/perangkat yang diperlukan untuk proses meng-clone gx terlalu banyak kok..,berikut perangkat yang diperlukan :

1. Sediakan harddisk Master (maksudnya HDD yang fiturnya sudah lengkap dari SO and aplikasi ) dan jangan lupa posisikan harddisk ini sbg master caranya tinggal liat aja di model harddisknya bagaimana menempatkan jumper, udach tau khan..,!!!
2. Sediakan pula harddisk slave (HDD yang akan di cloning) pastikan harddisk ini dengan format partisi harddisknya sama dengan HDD master supaya tidak tercampur aduk, duch kaya es campur aja yach..,he,he..,
3. Siapkan aplikasi clone-nya yaitu CD Hiren Boots bisa disebut juga Norton Gost klo belum punya download aja di 4shared.

* Bagaimana langkah2nya..,???

1. Pasang kedua Harddisk (master & slave )
2. Masukan CD Hiren Boots ke dalam CD-ROM
3. Terlebih dahulu kita atur dulu Setup Biosnya caranya tekan tombol Del pada saat POST (Power On- Self Test ) lalu atur first boot ke CD-ROM Setelah itu kita tunggu PC me-restart
4. Langkah selanjutnya muncul pesan : Boot from Hard Drive, Boot from CD, star mini windows dan windows memory diagnostic
5. Kita pilih options yang kedua Boot from CD setelah itu akan ada beberapa pilihan, kamu tinggal pilih No.2 Back-up tools lalu pilih lagi No.2 Northon ghost and terakhir pilih no.8 Ghost (normal) tinggal hapalin aja rumusnya :2-2-8 gampang khan..,!
6. Tunggu sampai muncul tampilan awal Hiren boots:
7. Klik OK, kemudian muncul pilihan klik>>Local>>Disk>>To Disk:
8. Muncul 2 harddisk : silahkan pilih salah satu harddisk no.1 (Harddisk yang akan mengcopy-kan Harddisk tsb ke Harddisk lain)>> local 1 Catatan : untuk menentukan Harrdisk yang akan di cloning tidak harus menjadi master tapi sewaktu menjadi slave juga bisa lho, yach tergantung keinginan kita dech..,!!!
9. Diharddisk utama yang hendak di Clonnning ada 2 drive –> silakan klik yang Primary (mksudnya disana sudah terintegrasi antara system operasi berikut aplikasi2nya ) –> drive C: terus klik OK
10. Lanjutkan dengan memilih harddisk no 2(yang hendak dsamakan isinya –> install)>>
11. Terus klik no 1 Primary dan lanjutkan dengan OK.
12. Setelah itu tinggal klik yes untuk menyutuji pemoresesan.
13. And tunggu hingga proses selesai:
14. Setelah selesai klik restart dan matikan PC, kemudian cabut Hardisk Master. . .
15. Sekarang pasang hardisk yang telah di cloning dan lihat hasilnya., klo masih blom berhasil berarti ada langkah2 yang terlewati. Percaya dech klo angkah2nya benar pasti berhasil cOz gue dach beberapa kali men-cloning So…,selamat mencoba yach..!!!
GOOD LUCK…,!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Makna Logo PUMA dan NIKE

Game Angry Birds

Konfigurasi DNS (Domain Name Server) pada Linux Ubuntu 16.04 LTS menggunakan Virtual Box