Sejarah dan Makna Logo PUMA dan NIKE
Fashion merupakan
hal yang penting untuk meningkatkan performace baik untuk bekerja, belajar sekalipun olahraga karena dengan menggunakan
salah satu fashion misalkan sepatu yang branded dapat meningkatkan percaya
diri. Puma dan Nike merupakan 2 produsen besar untuk merek fashion seperti
sepatu, pakaian dan sebagainya. Keberhasilan mendapatkan pangsa pasar dari kedua produsen
tersebut tidak terlepas dari kehebatan logo yang mereka buat untuk menarik
konsumen sebanyak-banyaknya.berikut sejarah beserta makna dari logo kedua
perusahaan tersebut :
Puma adalah perusahaan
internasional yang memproduksi sepatu olahraga serta
perlengkapan olahraga
lainnya. Perusahaan ini berbasis di Jerman,
dan didirikan oleh Rudolf Dassler. Rudolf adalah kakak dari Adolf Dassler,
pendiri Adidas.[Wikipedia]
Perusahaan
ini dikenal dalam dunia sepak bola karena menjadi sponsor pemain sepak bola
terkenal seperti Pelé,
Eusébio,
Johan Cruijff,
Enzo Francescoli, Diego
Maradona, Didier Deschamps, Lothar Matthäus, dan Kenny
Dalglish, dan Robert Pirès.
Di Amerika Serikat, Puma terkenal dengan sepatu bola basket
kulitnya yang diperkenalkan pada tahun 1968.
Sejarah dan Makna Logo
Puma
sejak berdiri pada 1948 hanya
memiliki 2 perubahaan signifikan yang pertama didirikan adalah gambar seekor singa gunung
yang melompat masuk melewati huruf D
yang merupakan inisial keluarga yaitu Dassler. Pada tahun 1968 untuk menjadikan
merek puma semakin dicintai konsumen akhirnya puma menggantikan logonya ke
gambar yang sederhana yaitu seekor singa gunung yang melompat melewati huruf
yang bertuliskan puma logo tersebut digunakan sampai sekarang.
Makna dari logo seekor puma lompat
tersebut adalah memberikan simbol bahwa produk Puma mempunyai kekuatan,
kecepatan dalam membuat design yang bagus menandingi brand lain. Sedangkan tulisan
puma merupakan brand identity yang menjadikan perusahaan Puma menjadi salah satu
produsen fashion terbesar didunia.
Nike, Inc adalah perusahaan global terkemuka Amerika yang
berkantor pusat di Washington County, Oregon yang secara luas dianggap sebagai
produsen terbesar pakaian , alas kaki, peralatan olahraga dan aksesoris
berkualitas tinggi. Perusahaan ini awalnya didirikan pada tahun 1964 oleh Bill Bowerman
dan Phil Knight
sebagai “Blue Ribbon Sports“. Namanya saat ini
diadaptasi pada tahun 1978. Dengan total aset sebesar US $ 15.465.000.000 pada
2012, perusahaan kini mempekerjakan lebih dari 44.000 orang di seluruh dunia.
Nike, dengan ikon brand “Just Do It”
dan logo Swoosh yang legendaris, memiliki nilai $ 10.700.000.000, sehingga
tergolong sebagai merek paling berharga di industri olahraga.
Sejarah dan Makna Logo Nike
Logo nike pertama kali diciptakan oleh ahli
grafis Carolyn Davidson. Ia terinspirasi dari patung dewi kemenangan yunani yaitu
nike, Logo Nike "Swoosh" mewakili sayap di patung Dewi kemenangan
Yunani yg terkenal, keempat perubahan diatas tidak terlalu signifikan karena perusahaan menginginkan kesederhanaan tetapi tidak menghilangkan originalitas merek sehingga dapat mudah di ingat oleh konsumen. Makna dari logo Nike diatas : tulisan NIKE yang merupakan sumber inspirasi bagi banyak pejuang
besar dan berani. Warna merah memberikan simbol bahwa nike memiliki keberanian, terobosan yang
inovatif dan mampu bersaing dengan produsen besar lainnya didunia sedangkan
warna putih memberikan symbol nasionalisme dan kemrnian merek nike.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar