Konfigurasi DNS (Domain Name Server) pada Linux Ubuntu 16.04 LTS menggunakan Virtual Box


Pada kesempatan ini saya akan memposting langkah-langkah mengkonfigurasi server untuk membuat DNS (Domain Name Server) pada Ubuntu server 16.04 LTS. Pertama yang harus disiapkan adalah :
1.      Virtual Box
2.      Installer Ubuntu server 16.04 LTS
Selanjutnya pasang installer Linux Ubuntu pada Virtual Box, jika sudah selesai langkah yang harus dilakukan adalah setting adapternya sebagai NAT pada setting di virtualbox
Seperti pada gamabr dibawah ini :
 
Pilih setting pada server ubuntu 16.04 LTS , lalu adapter satunya pastikan sudah NAT :

Kemudian setelah konfigurasi selesai Login pada server :
 
Kemudian kita cek ip address nya dengan mengetik ifconfig seperti gambar berikut :

Kemudian kita akan mengatur DNS (Domain Name Server) nama dari Ip Address yang kita buat . selanjutnya kita menuju ke folder bind yang akan memberikan nama kepada IP address yang telah dibuat, perintah untuk menuju bind dengan mengetikan perintah berikut :

Kemudian menuju sudo nano named.conf.local untuk masuk konfigurasi DNS (Domain Name Server) seperti berikut :

Kemudian ketik konfigurasi seperti gambar dibawah ini :




Konfigurasi diatas saya membuat 2 zona yang pertama adalah zona “tugas.pemjar.ug” yang digunakan sebagai domain name server yang nantinya saya gunakan untuk memanggil nama domain yang saya buat. Selanjutnya zona “1.168.192.in-adde.arpa” ini merupakan konfigurasi ip address pada server dengan penulisan terbalik 3 blok ip address server yang saya simpan pada reverse.pemjar yang nantinya kedua zona tersebut saling berkorelasi untuk pembuatan DNS. Selanjutnya kita akan membuat file forward.pemjar yang dijadikan sebagai DNS server kita akan konfigurasi dengan menuju file tersebut disimpan dengan perintah berikut :

 


Ini merupakan perintah untuk membuat function forward.pemjar ketik konfigurasi seperti gambar dibawah ini yang berisikan sebagai berikut :


Pada konfigurasi 3 baris terakhir memberikan DNS dengan nama tugas.pemjar.jaka lalu di ikuti IP addressnya dan bisa memanggil nama Domain dengan menggunakan www.tugas.pemjar.jaka. disertai dengan ketentuan angka yang ada pada baris serial, refresh, retry,  expire dan minimum TTL dideklarasikan sebagai angka yang sudah ditentukan oleh server.

Selanjutnya kita akan membuat file reverse.pemjar kita akan konfigurasi dengan menuju file tersebut disimpan dengan perintah berikut :
Sedangkan pada reverse.pemjar.ug konfigurasinya sebagai berikut 
 Sama halnya seperti konfigurasi sebelumnya namun sedikit berbeda pada baris akhir yang bertuliskan angka “10” ini merupakan host yang ditempati oleh DNS tersebut dimana angka tersebut didapatkan blok ke 4 pada ip address server, dan konfigurasi untuk DNS beserta mail nya telah kita buat. Setelah konfigurasi selesai sekarang kita akan merestart untuk dapat menjalankan konfigurasi yang telah dibuat dengan perintah berikut :

 selanjutnya kita panggil DNS yang telah dibuat dengan perintah dig (perintah ini digunakan untuk melihat konfigurasi DNS secara detail seperti berikut :
 
kemudian kita gunakan perintah nslookup untuk melihat konfigurasi DNS dengan IP Address secara sederhana dengan perintah berikut :
informasi diatas memberikan nama DNS dan IP Address yang kita panggil sehingga pembuatan konfigurasi telah berhasil.


Refferensi :
Praktikum Pemrograman Jaringan LABTI Universitas Gunadarma
 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Makna Logo PUMA dan NIKE

Game Angry Birds